Wednesday 26 January 2011

Menelanjangi Musik Elektronik #1

Bingung untuk memulai tulisan ini dari mana.
Karena sedikit sekali artikel di web atau blog-blog musik yang mengupas tuntas sejarah dan perkembangan genre musik yang satu ini. Musik elektronik ini tergolong cukup unik karena memiliki perkembangan demi perkembangan yang cukup kompleks atau bisa dikatakan memiliki perkembangan yang rumit dari waktu ke waktu. Sebelum memasuki pembahasan tentang musik elektronik ini, adakalanya kita harus sedikit mengerti bagaimana aliran musik elektronik ini tercipta.

Musik elektronik adalah Program, setiap studi pembelajaran tentang musik elektronik sama dengan studi pemrograman. tidak seperti alat musik kebanyakan, seperti gitar, drum, bass dan lainnya yang tidak jauh berbeda semenjak 20 tahun bahkan 30 tahun yang lalu dengan yang ada sekarang.
Berbeda dengan alat musik elektronik yang terus-menerus berkembang dengan beragam jenis suara dan efek yang dikeluarkannya. contoh, bandingkan saja gitar yang berusia 20/30 tahun dengan gitar yang ada di pasaran saat ini, saya yakin bunyi yang dikeluarkan tidak jauh berbeda. tapi bagaimana dengan musik elektronik? Udah ada bayangan? hehehe

mulai aja yuk..

Memasuki tahun 1961, Dr. Robert Arthur Moog atau yang sering dipanggil Bob-Moog (1943-2005) adalah seorang warga negara amerika yang mem-pionirkan musik elektronik dengan penemuannya yang luar biasa yaitu Moog Synthesizer. Bob-Moog dan Dr. Evil bekerja sama untuk menciptakan sebuah Moog Synthesizer berukuran mini, mengingat Moog Synthesizer yang ditemukan oleh Bob-Moog berukuraan sangat besar sehingga hanya beberapa orang kaya yang bisa mengakses alat tersebut sampai ke studio rekaman. Hasil kerja sama antara Bob-Moog dan Dr. Evil itu adalah Minimoog, Moog Synthesizer dengan perbandingan ukuran 1:10 lebih kecil.

Dr. Robert Arthur Moog

Bayangkan saja kalo setiap pementasan, para artis membawa Moog Synthesizer yang ukurannya hampir 20 meter persegi dengan memakan listrik 1,21 gigawatt. Itu sebabnya sound panggung Pink Floyd sangat susah didengar sampai akhirnya mereka bisa membawa The Gizmontron (efek gitar elektronik pertama di tahun 1973) ke dalam tur mereka.
bersyukurlah :) 

Pink Floyd

Jadi bisa dikatakan musik elektronik itu melengkapi berbagai kekurangan musik era 70an dimana proses rekaman dan live performance terasa kering ditelinga. Tapi ada yang lebih penting dari itu, yaitu pengaruh dari revolisi bidang manufaktur peralatan musik elektronik yang membuat hampir semua lapisan kalangan pemusik dapat memilikinya.

Memasuki tahun 80an tepatnya tahun 1982, musik elektronik menjadi perbincangan para musisi tentang instrumen bernama MIDI. yak MIDI atau kepanjangan dari Musical Instrument Digital Interface adalah sebuah piranti lunak (software) musik digital yang membutuhkan piranti keras (hardware) untuk dapat memainkannya. tolong di ingat, MIDI bukan sebuah AUDIO. Piranti lunak dengan berbagai macam suara instrumen musik seperti synth, piano, gitar, horn, string, bell, dll yang membutuhkan alat tambahan untuk pengoprasiannya seperti keyboard dengan support Midi Controller.

Itu terlihat jelas pada musik-musik di era 80an atau yang sering disebut The 80's, permainan musik dengan unsur musik elektronik di tahun 80an tidak kalah dengan era 70an, di tahun 80an musik elektronik menjadi sangat dinamis, kaya akan warna musik dan padat harmoni. sehingga membawa dampak luas di segala jenis aliran musik seperti Country, Jazz, Pop, Rock, Dance, Reggae dll.

Duran Duran

Mau bukti? coba kalian dengar beberapa album yang di release di tahun 80an seperti Queen, Rolling Stone, The Police, Madness, Rush, TOTO, Heart dll. moment musik elektronik ini tentunya tidak disia-siakan oleh kelompok dansa seperti Yazzo, YMCA, Fantasique Four dipemakaian latar musik elektronik kedalam pementasan mereka.

Pet Shop Boys

Tak heran di tahun 80an banyak band-band dan penyanyi pop bermunculan dengan mengedepankan musik elektronik seperti The Culture Club, Duran-Duran, Spandau Ballet, Pet Shop Boys, The Baltimore hingga Madona, Bad Boys Blue, New Edition, Michael Jackson, New Kids On The Block. Musik elektronik memang menjadi hal yang sangat wajib di era 80-90an, tapi sisa-sisa jejak kejayaannya masih bisa kita rasakan sampai sekarang kan.. :)

bersambung . . .

No comments:

Post a Comment