Tuesday 22 February 2011

Pagi Yang Indah - Four On The Floor

kata "disko" mungkin udah ga asing ditelinga kalian.
dipengaruhi oleh musik funk dan soul, khas vokal bergema dengan nada "four on the floor" beat ini merupakan ciri khas dari musik disko. dengan membuat suara latar belakang yang ramai dari beberapa Instrumen Orkestra seperti Flute yang sering dijadikan sebagai melodi solo, tidak seperti musik rock, lead gitar jarang digunakan dimusik ini.

band purwokerto yang satu ini masih ada hubungannya sama disko lho.
tapi genre musik mereka bukan disko, melainkan Post-punk revival, yang terlahir dari band-band indie atau alternative yang mengedepankan unsur post-punk didalam musiknya. berdasarkan era mungkin band yang lahir di era setelah post-punk itu yaitu tahun 70-80an bisa dikategorikan Post-punk revival, band yang terbentuk dan mencampurkan elemen post-punk di tahun 2000an bisa masuk ke kategori ini.

Tau gimana musik post-punk revival ini?
kalo kalian tau band asal glasgow, skotlandia yang menjadi salah satu influence PYI (pagi yang indah). Franz ferdinand juga bisa disebut post-punk revival.
jadi udah ada sedikit bayangan kan gimana musik yang dimainkan sama PYI ini.
emang ga sama persis kaya Franz ferdinand bahkan bisa dibilang berbeda. karna Deskon (vokal,gitar) yang mempunyai ide pertama untuk memainkan genre ini dengan meniru musik Franz ferdinand tapi "aku terinfluence banget sama franz ferdinand, tapi ketika bikin lagu malah sama skali ga mirip franz ferdinand. jadi kaya the rapture + the virgins (New York) ditambah bumbu dari The Faint" ujar deskon, saat wawancara dikebon kafe selasa 5 januari 2009 kemarin.
seiringnya band ini berjalan, mereka keluarin apa yang mereka punya aja, jadi udah ga berpatokan lagi sama band lain maupun Post-punk revival tapi Pagi Yang Indah menyebut musik mereka dengan nama Rock-Disko.



Pemikiran membuat band beraliran Rock-Disko ini terlahir sekitar tahun 2004, tapi baru terealisasikan sekitar 2008 akhir. karna dianggap beda banget dengan aliran musik kebanyakan, bahkan untuk dikota purwokerto ini PYI adalah band pertama yang membawakan Rock-Disko, dengan formasi awal Deskon (vokal,gitar) haris (gitar) riki (vokal,bass) dan kemal sebagi drumer sementara. pengalaman manggung pertama kali PYI di acara Big Day Out fakultas ekonomi unsoed dan mengikuti parade yang menetapkan PYI sebagai band terbaik di acara itu.
pergantian personil sudah mewarnai band yang bisa dibilang baru ini. karna kemal sebagai drumer sementara sibuk dengan bandnya, dan dimas yang semula menempati posisi drum pada PYI juga sibuk. maka kemal masuk lagi untuk membantu mengisi posisi drum yang kosong, tapi tetap sebagai drumer sementara sampai saat ini.


Untuk seukuran band baru, pengalaman main diluar kotapun mereka sudah rasakan di dua kota yang berbeda yaitu solo dan jogja. termasuk cepat juga karna dari pertama terbentuk band ini sekitar mei 2009 sampai akhir tahun mereka udah pernah ngerasain main keluar kota dua kali. mereka pun ga sadar kalo ternyata perkembangan band ini sangat cepat. perkembangan PYI mereka sadari sewaktu main disolo, mereka ditanya setelah selesai manggung oleh pembawa acara "band kalian udah berapa tahun sih?" dan PYI menjawab baru setengah tahun kok.wow



Soal nama mungkin kalian banyak yang bertanya. Kenapa nama bandnya Pagi Yang Indah?
kata deskon selaku pemberi nama band ini mengaku dari dulu pengen banget punya nama band yang diambil dari judul lagu, dan Pagi yang indah merupakan salah satu judul lagu dari grup musik pop legendaris indonesia yaitu Koesplus.

Saat ini PYI sedang konsen untuk mempersiapkan demo lagu mereka, yang nantinya akan disebar keluar kota untuk sedikit mengenal musik mereka dan pastinya sebagai bentuk karya dari sebuah band. ga cuma demo aja lho yang mereka siapkan, tapi sebuah mini album pun sedang dipersiapkan untuk pertengahan tahun 2010 ini. untuk acara launcingnya pun mereka bakal adain ga cuma di purwokerto aja, tapi diluar kota juga dan pastinya mereka sedang mengincar massa dari kota semarang.  (Bagus, Wednesday, March 17, 2010 at 4:40pm)


vokal - gitar - keyboard : deskon chan
gitar : haris chan
bass : ricky chan backing vocal
drum : additional (kemal)


No comments:

Post a Comment