Wednesday 23 February 2011

Protest The Hero – Scurrilous


Setelah sukses dengan album Kezia di tahun 2006 dan Fortress pada januari 2008, Protest The Hero(PTH), Progresive Metal band asal kanada ini telah menyelesaikan rekaman untuk album ke-tiga mereka yang berjudul Scurrilous, yang baru saja di rilis 22 Maret 2011 kemarin. Proses rekaman yang telah dimulai dari akhir agustus 2010 ini berisi 10 lagu yang penuh dengan lead gitar dan beat drum khas Progresif metal dibalut suara vokal yang melengking.

Lagu pertama di album Scurrilous berjudul "C’est La Vie", yang berdurasi 03:33 menit ini sangat kental dengan sentuhan fusion jazz, setidaknya itu susunan yang tepat untuk mengobati kesabaran para penggemar dengan menyajikan lagu yang cukup kompleks dan kaya akan nada di lagu pertama album ini. Masuk dilagu kedua yaitu Hair-Trigger, PTH dibantu oleh Jaeda Kelly yang juga sebelumnya juga pernah terlibat di album Kezia dengan mengisi suara di lagu "The Devine Suicide of K". Di lagu kedua ini PTH agak sedikit bermain grove yang patah-patah diawal lagu dan banyak bernyanyi lepas bebas di-iringin dengan lead arpegio yang sangat khas dari Luke Hoskin. Memasuki menit terakhir, Jaeda Kelly bernyanyi dengan nada tinggi yang tidak lama disusul oleh Rody Walker dan mereka bernyanyi bersama sebelum lagu ini berakhir  dengan ketukan yang tidak beraturan, ciri dari musik progresif. 

Sedikit informasi bahwa Jedea Kelly adalah seorang musisi folk yang berasal dari kanada yang sempat mendapat penghargaan sebagai "Best Country" di toronto music award pada tahun 2008.



Dilagu "Sex Tapes" yang berdurasi 04.41 menit ini saya cukup dibuat kagum dengan susunan dan permainan nada dari PTH yang bisa dibilang cerdas. Tidak sampai disitu saja ke-gila-an dari band ini, belum puas dengan kolaborasi bersama penyanyi folk, PTH juga berkolaborasi dengan penyanyi dari grup band punk asal kanada yang terkenal dengan gaya hidup vegetarian dan kampanye tentang hak-hak binatang, yap dia adalah Chriss Hanna dari Propagandhi. Suara khas ala Punk Hardcore yang berat dari Chirss Hanna membuat lagu terasa semakin layak untuk diberikan 2 jempol.

Selebihnya kalian bisa dengar sendiri ya dari pada baca review saya terus. :) bagus.

Kover album dilukis langsung oleh kakek dari Arif Mirabdolbagghi, Jafar Petgar yang berusia 60 tahun.
Track List:
   1. "C’est La Vie" - 3:33
   2. "Hair-Trigger" - 4:48
   3. "Tandem" - 5:12
   4. "Moonlight" - 4:48
   5. "Tapestry" - 4:29
   6. "Dunsel" - 4:52
   7. "The Reign of Unending Terror" - 3:25
   8. "Termites" - 3:56
   9. "Tongue-Splitter" - 4:34
  10. "Sex Tapes" - 4:41




Genre : Progresif Metal, Mathcore, Metalcore, Hardcore Punk (awal terbentuk)
Tahun Aktif : 1999 - sekarang
Lebel : Vargant, Underground Operations
member : Rody Walker, Tim Millar, Luke Hoskin, Arif Mirabdolbaghi, Moe Carlson.

No comments:

Post a Comment