Thursday 10 May 2012

Sleep Party People - Jatuh & Terseret Jauh Ke Dalam Lubang Yang Penuh Cahaya



Sebuah "Bedroom Project" dari Brian Batz yang terus bersinar dikegelapan seperti permata merah yang berwarna magis, dan semakin kamu mendengarkan musik Sleep Party People (SPP) seolah kamu akan jatuh dan terseret jauh kedalam lubang yang penuh cahaya.

Hanya berbekal drum machine tua, sebuah grand piano dan gitar elektrik yang terkadang distorsi dan delay sering bertabrakan ini menciptakan suasana unik seperti dialam mimpi. Tak hanya memoles musiknya menjadi suasana dingin dan gelap, Brian Batz yang diperhatikan dalam semua lagu dipengaruhi oleh "mood"nya ini menambahkan vokalnya dengan efek chorus yang berlebihan dan ditambah reverb yang seolah menggaung diseisi ruangan kamarmu. Musiknya pun banyak dipengaruhi oleh band-band shoegaze seperti My Bloody Valentine, Cocteau Twin dan Flaming Lips namun akan kesulitan jika ingin mendeskripsikan musik SPP jika sudah mendengarnya.



Album pertama dari SPP berjudul Eponymous, seperti yang sudah diprediksikan, banyak yang menganggap ini aneh namun disisi lain SPP memberikan suatu keindahan yang jarang dihasilkan oleh musisi-musisi Denmark. Begitu merilis album pertamanya ini, SPP langsung menjadi sorotan media cetak di negaranya dengan menyandang title "A Hazy, Dreamy, and Wonderous Debut Album" di salah satu media cetak terbesar disana.



Karena SPP awalnya hanya merupakan "Bedroom Project", untuk tampil secara live pun sudah mulai dipikirkan oleh Brian sejak ia menulis lagu pertamanya. Brian dibantu oleh 5 temannya yang disebut dengan Five Bunnies. Briand dan Five Bunnies selalu mengenakan pakaian yang khas, yaitu zip hitam dengan tudung kepala yang terpasang dikepala dengan topeng kelinci bertelingan besar. Penampilan live SPP sunggu diluar dugaan, mereka bermain rapih dan sangat terkonsep. Jauh dari pandangan bahwa SPP berawal dari sebuah Bedroom Project.

(bagus)


 

 



No comments:

Post a Comment