Saturday 12 February 2011

Rock-a-billy (dari Elvis sampai Teddy Boys)

Siapa yang tidak tahu nama Elvis Presley ? Bintang Rockabilly yang paling terkenal sangat membawa pengaruh besar perkembangan musik ini. Rockabilly adalah salah satu pengaruh awal dalam musik Rock n' Roll yang muncul di tahun 1950-an. Walaupun hanya berlangsung singkat, gaya musik Rockabilly ini sangat berpengaruh terhadap musik Rock dan berbagai budaya populer didunia. Hingga akhir menjelang tahun 80-an rockabilly bangkit kembali dan bertahan sebagai sub-budaya hingga sekarang.


kemunculan artis-artis Rockabilly dipengaruhi oleh Elvis dengan perusahaan rekaman SUN yang menjual kontrak dengan Elvis kepada RCA VICTOR seharga US $40.000. Dari uang tersebut Sam Phillips merenovasi dan memperluas studio rekamannya itu. Dari studio SUN itu lahirlah bintang-bintang seperti Carl Perkins, Jerry Lee Lewis, Roy Orbinson dan Johnny Cash. Selain dari studio SUN banyak penyanyi Rockabilly yang berhasil menciptakan hits-hits yang menjadi panutan pemusik rock di generasi berikutnya seperti Buddy Holly asal Texas, Johnny Burnette & Rock n' Roll Trio dari Memphis, Gene Vincent, Eddie Cochran dan Rick nelson.

Carl Perkins

Kurang lebih di tahun 1950-an para pecinta Rockabilly pertama di inggris mempunyai sebutan yang cukup unik, yaitu Teddy Boys. Karena mereka berpakaian mantel gaya Edwardian (Raja Edward VII, 1901-1910) dengan celana panjang yang ketat dan sepatu dengan bordil yang menjalar.

Teddy Boys Fashions

Memasuki tahun 60-an, mereka bermetamorfosis menjadi Rocker dengan menerapkan tampilan montir yang khas dengan t-shirt, celana jeans dan jaket kulit dan tidak ketinggalan potongan rambut yang klimis. Rocker-rocker inggris sangat menyukai artis-artis rock n roll tahun 50-an seperti Gane Vincent dan beberapa Teddy Boys membentuk band dan memainkan versi mereka sendiri.

Dari band-band itu yang paling terkenal adalah The Beatles. Ketika pertama kalo John Lennon bertemu dengan Paul McCartner, Lennon terkesan bahwa McCartney tahu semua kord dari Eddie Cochrans (american rock n roll pioneer, 1938-1960). The Beatles pun menjadi terkenal dan mulai bermain di Hamburg, nama The Beatles diambil karena terinspirasi dari Buddy Holly Crickets dan mengadopsi The Black leather look of Gane Vincent. Musik The Beatles yang sedang naik pada saat itu bisa dikatakan mengkombinasikan melodi dari Buddy Holly dengan Rock Sound dari Gane Vincent dan Carl Perkins. Dan ketika The Beatles sudah menjadi bintang di seluruh belahan dunia, mereka merilis versi yang berbeda dari tiga lagu Carl Perkins.



Gane Vincent and His Blue Caps

Lama setelah band ini bubar, para anggota The Beatles terus menunjukan minat mereka di musik Rockabilly. ga percaya?Tahun 1975, Lennon merekam sebuah album yang disebut "rock 'n' roll" yang menampilakan versi hits Rockabilly dan sebuah cover foto yang menunjukan dia seperti Gane Vincent. Di waktu yang sama, Ringgo Starr juha melakukan hal yang mirip dengan Lennon tetapi dengan versi Johnny Burnette. Di tahun 80-an McCartney melakukan duet dengan Carl Perkins dan George Harrison yang bermain dengan Roy Orbinson dalam perjalanan Wilburys. dan memasuki akhir tahun 90-an tepatnya 1999, McCartney merilis Run Devil Run yang merupakan record rockabilly cover miliknya.


sumber :

No comments:

Post a Comment