Friday 11 February 2011

ini sesuatu yang berbeda dari SHYNOLA (Coldplay - Strawberry Swing)

Akhir 2009, saya melihat klip dari lagu "Strawberry Swing" ini dan dibuat kagum dari hasil garapan sebuah kelompok yang terdiri dari empat seniman visual yang tinggal di London. Yap, mereka adalah SHYNOLA.



Video ini dimulai dari Martin yang bangun tidur dirumahnya, lalu begitu ia melihat seorang wanita disandera oleh tupai raksasa, ia berubah menjadi superhero dan pastinya berusaha menyelamatkan sang wanita tersebut. Sepanjang jalan, Martin menghadapi serangan dari si tupai raksasa dan ikan raksasa yang terus menghalanginya. Ketika Martin sampai dirumah si tupai raksasa itu, ia menggambar sebuah BOM berbentuk kacang untuk si tupai raksasa itu, setelah BOM itu mengenai si tupai Martin terbang dan mencium si wanita itu. Tiba-tiba animasi berhenti dan Martin bangun dari lantai bergambar kapur dan berjalan pergi.

Teknik yang digunakan dalam pembuatan video ini adalah penggabungan dari gambar manual dengan media lantai/tembok yang di kemas dalam Stop Motions. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat dibawah ya.. :)


Coldplay - Strawberry Swing from Hatem Zekri on Vimeo.

Video ini dinominasikan sebagai Animasi terbaik di Inggris dalam Video Music Award 2009 dan "Breakthrought Video" oleh MTV Video Music Award 2010.

ternyata ketenaran video ini membuat Andy J Gallagher yang berprofesi sebagai penyayi dan penulis lagu asal inggris ini berpendapat bahwa ide video garapan kelompok Shynola adalah meniru. Andy berpendapat bahwa Shynola meniru video dari Mr Trevor, tetapi Shynola menyangkal bahwa itu tidak benar. Mereka terinspirasi dari "keanehan sebuah mimpi" karya animator "Winsor McCay's"


Beberapa portofolio music videos dari Shynola :

Radiohead - Pyramid Song
Queend of the Stone Age - Go with the Flow
The Rapture - House of Jealous Lovers
Blur - Good Song
Beck - E Pro
U.N.K.L.E. - Eye for an Eye
Stephen Malkmus - Jo Jo's Jacket

dan 2010 kemarin, SHYNOLA sukses menggarap title sequence di Film "Scott Pilgrim vs. the World"


buat yang penasaran sama SHYNOLA bisa main ke official websitenya http://www.shynola.com/

No comments:

Post a Comment