Thursday 17 February 2011

Metafora Penghancuran Diri {Modest Mouse - The Whale Song}

Pertama saya mau mengucapkan jujur dari dalam hati saya kalau lagu ini (The Whale Song) sangat menabjukan. Dimulai dari beberapa menit yang mereka berikan kepada pendengar dengan instrument yang terdengar malas seperti melodi dengan pitch yang bergelombang dibalut jelasnya suara gitar bass dari Eric Judy.

Membaca lirik yang ada dilagu ini sudah tampak jelas bahwa penggambaran tentang se-ekor ikan paus yang biasa berenang dengan bahagia di lautan yang sangat akrab dengan mereka tetapi suatu ketika mereka tertangkap oleh nelayan tetapi mereka terus berusaha mencari jalan keluar. 



Issac Brock (singer/lyricist/guitarist) bercerita bahwa Ikan Paus yang dimaksud dilirik yang dia tulis ini adalah Modest Mouse. Ikan paus yang berenang dengan bebas dan bahagia itu ternyata akan selalu di-ikuti oleh serangan dari pemburu yang bisa dikatakan sebagai popularitas. Mereka (ikan Paus) tidak mempunyai pilihan lain selain dipaksa untuk keluar dari perairan yang akrab dengan mereka dan yang pasti mereka itu dimanfaatkan. Issac menceritakan bahwa mereka benar-benar tidak mempunyai pilihan yang pantas untuk diambil sebagai langkah, namun dalam retrospeksi, dia berharap menemukan jalan keluarnya.

Lagu The Whale Song yang menjadi single pertama dari album "No One's First and You're Next" yang juga menjadi lagu pertama di album ini yang dibuatkan official video musik-nya.
Video yang digarap dengan serius oleh Bent Image Lab Animator Studio dengan Director Nando Costa ini dimulai dari seseorang yang berjalan menuju meja yang terdapat sebuah alat yang digerakan dengan cara memasukan tangan disela-sela mesin itu, seperti menyuntikan sesuatu dan keluarlah benang yang panjang. Cerita terus berkemabang sampai mengungkapkan bahwa dunia itu terbagi menjadi dua bagian, realita yang membosankan dan kesenangan yang menyesatkan. Sampai pada akhirnya terjebak dalam ruang yang menimbulkan kematian dan metafora penghancuran diri.



"Whale Song" for Modest Mouse from Bent Image Lab on Vimeo.



Inilah pendapat saya tentang lagu, lirik, dan konsep video yang ada didalamnya.(bagus)


website : www.modestmousemusic.com/

No comments:

Post a Comment