Wednesday 16 February 2011

sunn o))) - Konseptualisasi dan Sejuta Ekperimen

Hal yang membuat saya ingin mencoba mendengarkan musik dari Sunn O))) (baca: SUN) adalah konsep keseluruhan dari band ini yang tergolong cukup matang. yuk mulai...


Sunn O))) merupakan sebuah proyek kolaborasi dari Stephen O' Malley (Khanate, Burning Witch, SARIN, Teeth of Lions Rule the Divine, Lotus Eaters, Ginnungagap, Thorr’s Hammer, Fungal Hex, KTL, Æthenor, Gravetemple) dan Greg Anderson (Goatsnake, Thorr’s Hammer, Burning Witch, Teeth of Lions Rule the Divine, Brotherhood, Engine Kid, FALSE LIBERTY, Burial Chamber Trio, Ascend) yang merupakan personil inti dari Sunn O))) ini sendiri.

 
Nama Sunn O))) yang diambil dari nama sebuah brand amplifier, logo yang bertuliskan "Sunn" yang dilanjutkan dengan lingkaran "O" dengan tanda ")))", menunjukan bahwa itu sebuah gelombang besar yang bergerak menuju ke arah kanan. Sunn O))) sendiri memakai nama itu untuk seluruh artwork di album mereka. Sunn O))) yang berasal dari Seattle, Washington ini merupakan sebuah experimental band yang mencampurkan unsur-unsur musik seperti Drone, Ambient, Noise, Doom Metal dan Black Metal. Sunn O))) menggunakan tempo yang super lambat tetapi kesan keras masih sangat melekat di setiap lagu-lagu mereka. Dengan menggunakan gitar yang penyetemannya berada di Drop A, mereka manambahkan sebuah efek droning gitar yang digabungkan dengan feedback dan efek lainnya untuk menciptakan sound scape yang sangat khas dari mereka. Dan ada dibeberapa lagu mereka yang menggunakan sedikit ketukan beat drum yang terkesan tidak beraturan. hal menarik lainnya dari band ini adalah saat kalian menyaksikan Live mereka, dengan jubah sebagai ciri khas dari band ini, saat dipanggung mereka juga menggunakan Gun Smoke secara berlebih sehingga menutupi se-isi panggung.

Coba bayangkan apa kesan yang timbul dari musik mereka yang dipadu dengan kostum dan art perform yang sangat konseptualisasi seperti itu ???




Sun O))) sangat bereksperimen dengan gaya dan suara dari musik mereka, terlihat dari gaya bergitar di album The Demo Grimmrobe (1998) yang hanya di rilis 500 copy Hydra Head Records, tapi pada 2005 Southern Lord yang sekarang menjadi record label Sunn O))) merilis ulang dalam bentuk CD dan Vinyl.








yah, bisa saya katakan tanpa maksud melebih-lebihkan, Sunn O))) adalah band experimental sejati.

kenapa? Sunn O))) banyak melakukan kolaborasi dengan berbagai musik untuk memperkaya gaya musik mereka seperti menggabungkan musik Sunn O))) dengan dedengkot musik Harsh Noise dari jepang yaitu Merzbow. jika penasaran kalian bisa dengar di album Flight of The Behemoth. Tidak merasa puas dengan kolaborasi itu, Sunn O))) melanjutkan ekperimen musiknya itu dengan kolaborasi bersama Boris, band asal jepang dengan sejuta bakat musik yang pernah membawakan genre seperti Pshycadelic Rock, Punk, Sludge/Doom Metal, Minimalism dan Drone kedalam musik mereka. Dari proyek kolaborasi itu Sunn O))) dan Boris merilis album Altar pada 2006, jika kalian para pecinta Drone Doom dan Sludge metal, kalian harus mencicipi kedalaman musik mereka di album ini. sangat saya rekomendasikan. :)


Sunn O))) & Boris



 _____________________________________________________________________________

Asal : Seattle, Washington, United States
Genre : Experimental, Drone Metal, Doom Metal.
Tahun Aktif : 1998 - sekarang
Lebel : Southern Lord
Kolaborasi : Burning Witch, Goatsnake, Khanate, Thorr's Hammer, Boris, Gravetemple, Burial Chamber Trio, KTL, Merzbow, Nurse with Wound
Member : Stephen O'Malley, Greg Anderson
Instrumen : Gitar Listrik

(bagus)

No comments:

Post a Comment