Monday 28 February 2011

Something El - Tragically Romantic | Seperti Terburu-buru

Something El, band asal jakarta ini terbentuk pertengahan 2009 yang hanya mempunyai dua personil yaitu Ladrina Bagan (vokal) dan Lutphi Almanfaluthi  (guitar, keyboard). Dengan mengangkat konsep akustik band, mereka terus berkarya, hingga pada bulan febuari 2011 mereka mengeluarkan album pertama mereka dengan judul "Tragically Romantic". Ladrina Bagan, mengatakan cinta dalam karya Something El merupakan sebuah perpaduan yang dapat dikatakan sempurna, dengan racikan yang tepat pula segar. Jika bisa diibaratkan, kisah cinta dalam Tragically Romantic Something El merupakan kombinasi rasa sempurna dalam secangkir kopi: sedikit pahit, namun diminati dan tetap mampu dinikmati setiap saat.


Sayangnya album yang berisi 11 lagu ini masih terbilang kurang matang jika dilihat dari konsep yang mereka eksekusi. Lagu pertama sebagai pembuka dialbum ini berjudul "Something Else", yang memperdengarkan suara gitar akustik khas dari Something El dengan backsound yang cukup dominan dan disusul dengan  percakapan tentang ketulusan cinta. Namun itu terdengar sangat biasa dan  kurang mampu menciptakan suasana yang "bercerita". Pemilihan karakter sound yang lembut dialbum ini terdengar seperti bermain aman untuk band-band berformat akustik yang seharusnya bisa lebih dari apa yang mereka berikan dialbum ini.

Kesederhanaan lirik yang mereka tuangkan di album ini menjadi salah satu kekuatan dan kelemahan bagi Something El sendiri. Kesederhanaan lirik yang tertuang mendekatkan Something El dengan penikmat musik mereka tentang realitas yang dikemas dengan bahasa sederhana ala Something EL. Namun saya kurang suka dengan album yang masih mencampurkan bahasa indonesia dengan bahasa asing atau terdapat dua bahasa dalam satu album, terkesan seperti ragu-ragu dalam pengambilan sebuah konsep band secara keseluruhan.
Masuk kemasalah artwork yang mereka pakai dialbum ini, mereka seperti buru-buru dalam pengerjaannya, terlihat dari pemilihan font, gambar, foto dan komposisi penempatannya yang dipakai, sedikit sulit untuk memahami hubungan antara artwork yang dipakai dengan tema keseluruhan album ini. bagus

foto oleh Something el

No comments:

Post a Comment