Sunday 8 May 2011

The Tallest Man on Earth - Serak, Berdengung dan Cracky



Songwriter asal Swedia yang menyebut dirinya dengan "The Tallest Man on Earth" ini memiliki musik yang cukup membuat saya merasakan berada di zona "nyaman" yang lama. Dengan menggunakan suara yang serak, berdengung dan cracky, The Tallest Man on Earth (TTMOE) jelas terlihat mengacu pada struktur lagu-lagu folk 60an - kord dasar, petikan dan menjauhi chorus didalam lagunya. Adalah Kristian Matsson yang ada dibalik itu semua, pria kelahiran 30 April 1983 ini banyak dibicarakan orang mengenai dua hal, seberapakah tingginya dan seberapa miripkah dia dengan Bob Dylan. Saya berusaha menjawab didalam blog ini walaupun itu sebenarnya tidak perlu untuk dijawab, sebenarnya dia tidak memiliki tinggi badan yang bisa dianggap sebagai orang tertinggi didunia dan mungkin begitu jika mendengar beberapa lagunya terlintas di otak kalian "ini Bob Dylan?" tetapi tolong jangan terlalu cepat merendahkannya.

TTMOE mulai dikenal saat tiket konser dari Bon Iver habis terjual di New York City's Town Hall di akhir 2008, beberapa fans dari Bon Iver mempunyai ekspektasi yang buruk terhadap opening Bon Iver, yaitu TTMOE. Tetapi malam itu penonton tidak hanya puas menonton Bon Iver, tetapi TTMOE sedikit menyita perhatian para pecinta musik folk dan itu berlanjut kerangkaian tur Bon Iver dibulan desember yang memperkenalkan sesuatu yang spesial dan tak terlupakan: The Tallest Man on Earth.

Memang benar membahas TTMOE memang tidak lepas dari Bob Dylan, terutama awal-awal tahun Dylan, merdunya melodi dan lirik yang terdengar sangat agresif. Tetapi bila kalian mendengarkan TTMOE lebih dalam kalian akan merasakan energi yang terlempar dari setiap kata. Penuh intensitas dan emosi yang terasa baku, benar-benar tenggelam hanyut dilagu-lagunya.

Pada saat tulisan ini dibuat, TTMOE sudah mengeluarkan dua EP dan 2 album. Untuk para pecinta musik folk, kalian tidak boleh melewatkan sebuah proses karakter yang terbentuk TTMOE dari EP hingga album terakhirnya "The Wild Hunt". maaf sedikit emosi tulisannya hehehe

Love is All-The Tallest Man on Earth by I 'Aint No Dj


serigalawanita

No comments:

Post a Comment