Friday 27 May 2011

YUNA - Cantik & Menawan



Waw, cantik sekali! Itu lah yang terucap tanpa sadar oleh saya saat pertama mendengar EP dari Yunalis Zarai atau yang lebih dikenal Yuna, Gadis berjilbab asal Alor Setar, Malaysia yang juga menulis semua lagunya dengan sangat cantik dan menawan.

Semua karyanya dimulai saat dia berusia 14 tahun, dia mulai menulis lagu demi lagu sampai akhirnya dia memutuskan untuk belajar menggunakan alat musik gitar pada usia 19 tahun dan ditahun itu juga adalah penampilan Yuna yang pertama, sejak saat itu Yuna mulai banyak bermain diacara musik yang bertema akustik hingga tahun 2006. Dan Yuna juga merilis EP pertamanya ditahun 2006 yang berisi lima lagu yang bercampur bahasa inggris dan malaysia. Hingga pada awal tahun 2011 kemarin Yuna resmi menandatangani kontrak dengan Record Label US, Fader Label. Dan dibulan berikutnya dia resmi merilis EP keduanya berjudul Decorate. Sekedar info, EP yang kedua ini juga berjudul Decorate, sama seperti album yang ia keluarkan ditahun yang sama tetapi materi didalamnya berbeda.


Dipengaruhi oleh Feist, The Cardigans, Coldplay, Sia dan Bob Dylan, musik Yuna memang berada satu level dibawahnya tetapi itu terlihat lebih segar dan menawan dalam kesederhanaan aransement dilagu-lagunya. Entah kenapa saya lebih suka musik yang Yuna mainkan ketimbang penyanyi-penyanyi perempuan asal indonesia seperti Duo ini, Duo itu, Duo Dowi dll. 



Yuna memang bersolo karir saat memulai karirnya, tapi setelah dia memutuskan untuk membuat sebuah band, justru itu lebih membuat musik Yuna hidup, tidak merubah musiknya tetapi mempercantiknya dengan bantuan teman-temannya. Setidaknya nuansa band dan khas petikan gitar Yuna masih terasa dilagu-lagunya.



Yuna - Decorate (EP) by Yuna Music

~serigala wanita~ 

2 comments: