Friday 28 January 2011

Menelanjangi Musik Elektronik #2

lanjutan ...


Musik elektronik memang jauh dibawah aliran ROCK, POP atau genre-genre musik lainnya, tetapi musik elektronik memberikan kontribusi yang tidak boleh dilupakan pada sejarah perkembangan musik dunia.


Genre dan Sub-genre-nya

Namanya musik pasti punya lebih dari satu aliran dong, contoh pop, pop mempunyai beberapa cabang/sub-genre seperti british pop, pop rock, pop folk dan masih banyak lagi. Begitu juga pada musik elektronik ini, di tahun 70an semenjak ditemukannya Minimoog, ada 7 genre pertama dari musik elektronik ini yang menciptakan musik-musik elektronik baru atau kita sebut saja sub-genre.
Tujuh genre pertama yaitu House, Trance, Techno, Breakbeat, Jungle, Hardcore dan Downtempo.

House
Musik elektronik house pertama muncul ditahun 70an, saya tidak tahu tepatnya ditahun berapa dan hari apa tapi musik house ini mempunyai ciri yang sangat mudah didengar dan langsung menjadi populer. bagaimana tidak, beat dari musik house ini adalah 4/4 dengan bassdrum yang menusuk rongga-rongga dada kalian yang pada saat itu semua musik masih terdengar cempreng. hehe

Dimulai dari pengembangan dari DJ-DJ Afrika dan Amerika yang ber-ekperimen dengan teknik editing baru seperti remix, sampling dan instrumen seperti sythesizer dan sequencers.
Musik house ini adalah awal dari terciptanya musik pesta atau bahasa gaulnya dugem kali ya. Dalam waktu yang singkat musik House ini langsung menghasilkan 2 sub-genre lho di tahun 70an, yaitu Disco dan DUB.

DUB
Sebenarnya DUB muncul dari pengaruh musik Reggae diawal tahun 70an yang dimainkan secara electronik seperti merombak rangkaian lagu yang sudah ada dengan menghapus seluruh vokal lalu menggantinya dengan tekanan frekuensi drum bass dan menambahkan echo dan reverb yang luas dan menggema, itulah mengapa DUB menjadi sub-genre dari elektronik house. Munculnya musik DUB kepermukaan sangat diterima dijamaika, mengingat musik reggae sangat disukai disana. Dari sini DUB mulai dikenal dipenjuru dunia dan lebih dipandang dari sebelumnya terbukti nuansa DUB sering dipakai dalam prelude lagu-lagu Dance dan Pop. Jika dilihat kembali, banyak band-band Post-Punk Inggris yang sangat dipengaruhi oleh DUB seperti The Police, The Clash dan UB40. Merekalah yang turut mempopulerkan DUB pada saat itu, samapai pada UB40 merilis album DUB pertama yang berhasil masuk ke dalam 40 top chart UK.

UB40

DISCO
Disco muncul dipertengahan tahun 70an di eropa, Disco juga disebut sebagai Electro Boogie di eropa dan amerika. Pengaruh dari musik Disco ini adalah Funk dengan ciri vokal bergema dengan ketukan "four on the floor". Musik disko mempunyai pola hi-hat yang buka tutup dengan ketukan bass drum 4/4 dan memiliki instrument orkestra seperti flute yang sering digunakan sebagai melodi, berbeda dengan musik Rock yang menggunakan gitar sebagai melodinya.

Coba dengar beberapa artis Disko seperti Bee Gees, Dona Summer dan The Jacksons.
Disko cukup berkembang dan sempat menjadi yang terpopuler dijamannya hingga dapat mempengaruhi warna musik baru dengan menciptakan sub-genre lagi yaitu Italo dan NewWave.



ITALO
Italo adalah salah satu bentuk pertama dari musik dance yang terus berkembang pada tahun 80an di Itali, Jerman, Belanda dan dibeberapa negara eropa. Musik Disko Italo memiliki sound yang khas dengan hanya menggunakan synthesizer, drum machine dan Voovoder. sekedar informasi Disco Italo hanya terdapat di eropa. artis-artis Disco Italo adalah Annie, Tobias Bernstup, Chromatics, Metro Area, Studio dan lain-lain. Mungkin kalian merasa asing dengan nama-nama yang saya sebutkan tadi, jujur saya juga baru pertama kali mendengarnya. Artis italo Yang saya tahu hanya UNKLE (inggris). pengetahuan penulis juga masih dalam tahap normal. :)
kita sudahi saja tentang sedikit pembahasan mengenai Italo. hehehe


NewWav
New Wave muncul diawal 80an karena adanya pengaruh dari para pemain musik yang tertarik akan hal-hal baru dalam musik, ya bisa kita sebut ber-eksperimen. Di periode musik ini yang paling menarik adalah semua orang (musisi) benar-benar mulai mencoba instrumen musik elektronik ini untuk benar-benar berpikir dan mengeksplorasi musik mereka. Berbeda dengan sekarang yang hanya membiarkan Sequencer mereka yang memainkan musiknya.


Musik New Wave juga sangat dipengaruhi unsur-unsur musik dari Rock, Punk Rock dan Pop 60an. artis-artis new wave pasti tidak asing ditelingan kalian, seperti New Order, Depeche Mode, The Cure, Joy Division dll.


Ilustrasi Rangkuman Singkat
 bersambung...

4 comments:

  1. ga ada lanjutannya nih bro?

    ReplyDelete
  2. belum sempet nulis lagi mas, penasaran ya? *saya juga :))

    ReplyDelete
  3. iya, nunggu kelanjutannya. oiya, saya dede, boleh minta emailnya g bro? dedehate@ymail.com

    ReplyDelete