Wednesday 2 March 2011

Jónsi - Go | (semua dari hal kecil)

Para penggemar musik Post-Rock tentunya sudah tidak asing jika mendengan nama Jón “Jónsi” Þór Birgisson atau yang lebih akrab dikenal dengan nama Jonsi. Vokalis sekaligus gitar dari band Sigur Rós ini mempunyai kebutaan pada mata kanannya dan juga dia mempunyai prilaku sex menyimpang dengan menjadi seorang homosexsual bersama Alex Somers yang menjadi pasangannya. Alex Somers yang juga seorang seniman telah banyak membantu banyak hal dalam pembuat artwork untuk Sigur Rós dan mereka (jonsi & Alex) juga membuat sebuah kolaborasi seni yang disebut Jónsi & Alex. Pada akhir 2006, tepatnya bulan november, Jónsi & Alex resmi merilis buku pertama mereka dengan hardcover yang timbul secara terbatas dengan jumlah hanya 1.000 copy. Dan selang satu setengah tahun tepatnya juli 2009, mereka merilis album dengan judul "Riceboy Sleeps".


Tidak lama setelah Jonsi & Alex merilis album pertama mereka, Jonsi mengumumkan lewat official websitenya bahwa dia akan bersolo karir dan segera mengeluarkan album, dan album itu pun resmi beredar dipasar pada bulan april 2010 tahun lalu. Kalian sepertinya bertanya-tanya "kemana Sigur Ros pada 2 tahun belakangan ini?" yap, pada bulan januari 2010 Jonsi mengumumkan kepada publik bahwa Sigur Ros telah membatalkan rencana untuk mengeluarkan album yang seharusnya dirilis tahun 2010. Jonsi berkata "They ware just rumors", lantaran para anggota Sigur Ros banyak yang baru mendapatkan momongan atau sibuk mengurus kelahiran anak-anak mereka yang tentunya moment-moment itu tidak akan dilewatkan bagi seorang ayah dan ditambah dengan kesibukan Jonsi untuk pengembangan album solo-nya itu. 


Dialbum Go dari proyek solonya ini jonsi memberikan sembilan lagu yang cukup unik karena dia menggabungan banyak instrumen dengan nuansa folk yang cukup kental dengan sentuhan ambient dan post-rock dibeberapa lagu yang mungkin itu mengadopsi dramatisasi dari Sigur Ros. Kepadatan musik Jonsi yang di-isi dengan seruling, piano, terompet dan string ini bisa dibilang sukses memikat para penggemar Sigur Ros, kalian bisa coba dengarkan lagu Animal Arithmetic yang cukup memanjakan telinga dengan berbagai instrumen dan vokal falseto ala Jonsi. (lagu favorit :P)


Dilagu "Shinking Friendship" Jonsi menuangkan syair bertuliskan "No one knows you 'till it's over" yang dilanjutkan dengan mengubahnya menjadi "You know no one true 'till it's over". Yang saya tangkap adalah Jonsi tidak mengenal kata kompromi untuk hidup, semua sudah jelas mengapa dia memakai bahasa inggris hampir diseluruh syairnya lantaran ingin memberikan pesan bahwa tidak ada ruang yang cukup untuk hal-hal kecil didunia ini, karena itu dia mampu menaklukan dunia melalui musik dari persepsinya, jadi album "Go" adalah jelas berartikan "Pergi". bagus.



Release
2010

Genre
Indie Rock, Folk, Alternative, Orchestral, Ambient, Post-Rock

Tracklist
01. Go Do
02. Animal Arithmetic
03. Tornado
04. Boy Lilikoi
05. Sinking Friendships
06. Kolniður
07. Around Us
08. Grow Till Tall
09. Hengilás

3 comments:

  1. woooooow, artikel ulasan album baru dan sedikit sejarah si artist dengan link untuk unduh albumnya, ada di satu page? lengkap! kereeeeeen :p

    ReplyDelete
  2. hahaha berlebihan deh kayanya..
    sebenernya aga ragu nih ngasih link download di blog, takut dituduh sebagai pembajak.hehehe

    ReplyDelete
  3. Love your site man keep up the good work

    online pharmacy

    ReplyDelete